Baksos Gempa Klaten 02 Juni 2006

hari jumat tgl 2/6’2006, sekitar jam 21:00 kuda 116 dan 150 sdh ngumpul di sekertariat kk di kebon jeruk [rumah erik], ednet-11 dan kepsek tom-13 juga uda nongol di sono….

barang2 sumbangan kk yang ada di posko kebon jeruk mulai di loading….

sedangkan gw brangkat dr rumah gw jam 21:00 menuju rumah erik dgn sudah membawa barang2 sumbangan kk yg disimpen di rumah gw, yg jumlahnya cukup banyak, sampe2 gw mesti copotin jok belakang kuda gw…

dalam perjalanan ke rumah erik gw pengen ngerokok, shg buka jendela…. dan gak sengaja gw denger ban belakang gw bunyi2, terutama klo lagi jalan pelan….

sampe di rumah erik, gw minta erik n tom ngecek ban gw…. dan ajaibnya ternyata baut roda belakang kanan gw pada kendor semua…. tom dan temen2 uda kuatir baut roda gw uda selek…. maka untuk memastikan, mobil gw di dongkrak dan baut2 rodanya dikencengin pelan2… puji syukur alhamdulilah, ternyata baut roda gw masih bagus….. untung gw ngerokok, klo gak, gw gak ngebayang kalo ban gw copot di jalan dgn muatan sebanyak itu…. hiiiiiiiii…

usut punya usut, gw baru inget terakhir ban gw dibuka waktu ws di cisarua… mungkin salah satu ban tsb lupa gw kencengin…. padahal pulang dari cisarua gw kebut2an di tol bareng jimi-150 n yadhi-22… hehehhee….

sisa barang yg gak muat di kuda 116 dan 150, akhirnya dimasukin ke kuda gw….

jam 22:15 rombongan brangkat dilepas sama kepsek [sebenernya doi kepengen banget ikut, tp berhubung uda ada acara yg jadualnya gak bisa di-geser2 lg, maka doi cuman bisa bgeces doangan…. hehehe]….

erick 47 nemenin aan 116, sedangkan ednet 11 nemenin jimmy 150….

sedangakan gw jemput karnadi 298 dulu tuk nemenin gw…..

berhubung rest area km 11 padet, maka tempat ngumpul pindah ke rest area km 57.5….

sepanjang perjalanan di tol cikampek banyak sekali terlihat truk2 yg membawa sumbangan peduli jogja….

jam 23:30 kita sampe di km 57.5 dan nambah lagi 2 kuda, yaitu kuda 40 dan kuda 165….

abis ngisi bensin, pasukan lgs bergerak jalan…. kuda 40 membawa permaisuri dan calom mertua, yg sekalian ingin menengok rumah keluarga besar-nya yg ikutan menjadi korban gempa di jogja [yg lokasinya kebetulan tetanggaan ama rumah mertuanya bos jimmy 150 yg rumahnya ikut terkena musibah juga]… sedangakn kuda 165 ditemani bokap, tante dan sepupu2nya, yg sekalian mo menghadiri pemakaman budenya yg meninggal di purworejo…. turut berdukacita tuk boz widodo-165]…..

tol cipularang gw lalui dgn ngos2-an, mengingat beban mobil gw yg berat banget…

begitu masuk padalarang kita sempet ketemu mobil sedan tua [gak jelas merk dan jenisnya] yg berlari kencang….

tuk ngilangin ngantuk, ed-11 ngegeber kuda 150 ngejar mobil misterius tsb…. gw juga ngikutin dr belakang….

ternyata susah juga ngejar mobil misterius tsb…. asli kenceng tuh mobil… akhirnya kita tempel ketat tuh mobil sampe ujung tol cileunyi…

selepas tol cileunyi [jam 01:15], seperti biasanya kuda2 mulai liar bagaikan angkot yg lg kejar setoran….

sedangakan mobil misterius tsb nyerah karena jalan mulai bergelombang… padahal itu jadi makanan empuq kita semua…. hehehe…

setelah itu tidak ada hambatan yg berarti dan kita tidak ketemu temen bermain di jalan….

menjelang banjar, kita ketemu rombongan 6 mobil TO [taruna owner] yg kliatannya sedang menjalankan misii yg sama dgn kita…

awalnya kita sungka menyusul mereka, tp berhubung mereka jalannya santai, terpaksa 1/1 kita menyusul mereka sambil saling memberi salam dgn klakson… din-din… tot-tot….

jam 4:30, rombongan brenti di rumah makan mergosari – banjar…. tuk melepas kangen dgn ayam2 disono…. di mergo, kita juga ketemu dengan rombongan landrover dr bandung yg sedang makan dan melepas lelah…. mereka juga satu misi dgn kk…. karena satu misi, kita berasa spt saudara…..

selesai melepas kangen dgn ayam2, perut terasa kenyang….

jam 05:00 pasukan mulai berjalan tenang….

dan kantukpun sdh mulai menyerang….

tp tugas sosial sedang membentang…

pantang kita menyerah, kantuk dilawan dgn rokok yg dibakar sebatang demi sebatang….

becandaan di radio juga menjadi hiburan yg akan selalu dikenang….

gak lama pasukan bergerak, kita melewati lagi rombongan TO yang lg makan dan melepas penat di salah satu restoran…. salam klakson sekali lagi dimainkan… din-din… tot-tot…

matahari sdh mulai mengintai dari depan…. makin lama makin jelas dan menyilaukan… silau sinar matahari terbit membuat mata kita yg sdh penat menjadi lebih sepet…. becandaan di radio sekali lagi menghibur kita semua…. hilang semua kepenatan, yg ada hanya canda dan tawa…. diselingi suara ngorok, yg terdengar disamping joki yg sedang mengemudi….

sekitar jam 9:30, rombongan memasuki daerah bantul [minus widodo-165, yg kudu mampir di purworejo dulu, tuk menghadiri acara pemakaman bude-nya] …

kita semua sempat terperangah…. koq tidak ada tanda2 bencana gempa di sepanjang jalan raya…. padahal menurut berita, bantul adalah daerah terparah yg terkena musibah….

cuma hilir mudik kendaraan ambulance. mobil polisi, mobil telkom/pln serta mobil2/truk2 yg menempelkan spanduk/stiker “peduli jogja” lah yg menyadarkan kita bhw kita sdh memasuki daerah bencana…. menjelang masuk kota jogja, kita pun sempat berpapasan dgn rombongan axic dari arah yg berlawanan….

jam 9:45 rombongan masuk jogja, dan erik lgs contact sari… sari mengabarkan akan nunggu di perempatan lampu merah kaliurang dgn ciri2nya naek motor dan pake jaket ijo…. erik juga gak mo kalah… doi bilang kalo ciri2nya doi adalah naek kuda dan pake kolor ijo… hahahaha…. gak lama nunggu di perempatan lampu merah kaliurang, nongol lah sari…  erick basa basi sebentar, trus rombongan meluncur ke rumash sari [di daerah bulaksumur-ugm] dgn mengikuti motor sari yg meliuk lincah, sampe2 cuman kuda erick aja yg bisa ngikutin doi sampe rumahnya… yg lainnya pada tercerai berai… hahahaha…. tp berkat radio dan kebaikan sari yg mau menjemput lagi kuda2 yg tercecer, akhirnya kita semua sampe di rumah sari pada jam 10:15….

sampe di rumah sari, kita rapat koordinasi dahulu dgn sari, bagaimana mekanisme dan tekni penyampaian bantuan lgs ke korban gempa…. kebetulan sari memiliki posko di daerah klaten, yg merupakan daerah terparah kedua setelah bantul….

setelah sepakat, maka kita menyantap hidangan nasi gudeg yg disajikan oleh ibunya sari….

nyam… nyam… uenakkk tenannnn….. habis makan dan rebahan sebentar, rombongan siap2 brangkat lagi menuju lokasi poskonya sari di desa wdi-klaten….

sepanjang jalan menuju prmbanan tampak beberapa bangunan yg rusak karena gempa, spt ambarukmo plaza, hotel quality dan beberapa bangunan toko…

ketika sampai di daerah prambanan, baru tampak kedahsyatan gempa tsb….

sepanjang jalan raya tsb, sebagian besar bangunan rusak karena gempa…

memasuki kota klaten rombongan melanjutkan lagi perjalanan menuju desa wedi…

perjalanan menuju desa tersebut, menyajikan pemandangan yg cukup indah dan alami pedesaan…

setelah memasuki jalan yg sempit dan ber-liku2 selama lebih kurang 1 jam, akhirnya kita sampai di desa wedi….

sampai di sana barulah mata kita terbuka….

ternyata kerusakannya parah banget dan sumbangan yg sdh sampe ke sana relatif minim…

di lokasi dimana kk memberikan sumbangannya, hampir 90% bangunan rata tanah…

setelah sumbangan diturunkan di posko, maka rombongan kk berjalan kaki menuju pemukiman dan berbicara langsung dgn penduduk korban gempa….

puas ber-bincang2, rombongan siap brangkat pulang….

sari, mewakili penduduk korban gempa, mengucapkan terima kasih yg se-besar2nya atas sumbangan yg diberikan oleh kk…

kk-pun tak lupa mengucapkan terima kasih atas kesediaan doi tuk menyalurkan sumbangan…

kemudian kami pun ber-salam2an dan pamitan pulang….

selanjutnya rombongan memutuskan untuk lgs pergi ke semarang, sekalian survei untuk famgath 13…..

[akan dilanjutkan  dgn laporan survei semarang, dgn catatan: kalo sempet lhooo… hehehe]

setelah acara baksos selesai [sekitar jam 17:00], dgn kondisi rombongan yg belom tidur semaleman, juga blom makan [terakhir makan gudeg di rumah sari], belom mandi dan sikat gigi [klo gw terakhir mandi jam 20:00 malem sebelumnya, gak tau deh yg laen… hehehe], kuda 46, 116, 150 dan 165 lanjut ke semarang… sedangkan kuda 40 balek ke jogja lagi, tuk menemani calon mertua yg nginep di sono [calon mantu teladan neh… heheheh]…..

ternyata eforia baksos peduli jogja, telah membuat jalanan macret…. cret… cret… cret…

jarak jogja semarang yg lebih kurang 110km ditempuh dalam waktu 3 jam!!!….

kebayang donk, di kondisi fisik yg uda lemah spt itu plus lapar yg spt itu dihadapi macet yg spt itu [bingung kan bacanya… nah spt itulah kondisi kita pada saat spt itu…. hehehe…]….

singkat cerita kita sampe di ungaran sekitar jam 20:00, lgs mampir makan sate sapi “kemplang” yg enaknya ruarrrrrr biasa…… nyam… nyam… nyam… uda dagingnya empuq bumbu kacangnya manteb pula…. aan n erick ampe kalab makannya….. krupuqnya juga enaq… sampe2 krupuq yg warnanya kuning diabisin ama aan…. sayangnya widodo mo nyari kerupuq yg warnanya item gak ada… hahahaha….

selesai makan, kita lgs menuju hotel alam indah di ungaran, buka 3 kamar hotel lgs pada mandi dan “setoran”….. dari hotel alam indah kita bisa melihat kota semarang di waktu malam… pokoke tempatnya sgt romantis tuk mojok…. pst… pst.. pst… di alam indah ada motelnya juga lho [malah lebih bagus dari hotelnya], buka rolling door, mobil masuk trus tutup rolling door… aman deh… hehehe…

selesai mandi aan, widodo dan assistennya lgs terlelap tidur… sedangkan gw, ed, net, erick, kimin dan jimmy masih kluyuran turun ke smg… muter2 kota smg akhirnya makan nasi ayam di simpang lima…. abis makan kita balik lagi ke arah ungaran dan sempet2nya nongkrong di bar n karaoke di hotel sretta sampe jam 12 malem…. pas mo balik kita masih penasaran mau melihat kondisi hotel seretta…. maka kejadianlah kita survei kamar hotel jam 12 malem… hehehehe…. ternyata kamarnya bagus bener… apalagi kolam renangnya… rate-nya cukup reasonable, yaitu  rp275k/nite… sayang jumlah kamarnya cuman 14 kamar…. diluar penthouse [5 kamar] yg rate-nya rp2.5jt/nite….. gak mo ambil resiko, kita blok dulu buat acara fg 13 kk, tgl 18-21 agst 2006… hehehe…. selesai survey hotel kita balik ke hotel, masuk komor terus bobo…. zzzzzzzzZZZZZZZZzzzzzzzzzzzzZZZZZZZZZZZ……

minggu jam 8 pagi gw dibangunin ama ed… setelah pada mandi dan sarapan sekedarnya, jam 9 pagi kita check-out n lgs bagi2 tugas… gw, widodo, aan n kimin naek ke ambarawa untuk survei museum kereta api ambarawa pake kuda 165, sedangkan kuda gw n aan dititipin di hotel…. sedangkan erick, ed, net n jimmy turun ke kota smrg tuk survey hotel dan tempat makan [sambil beli oleh2 tentunya]….

selanjutnya gw cuman cerita mengenai survei ke ambarawa…. klo yg ke smg tungguin aja report dr team survei yg ke smg… heheheh…

jam 9:45 kita sampe di museum kereta api ambarawa… masuk ke dalem terus ketemu dgn p’sadono [in-charge di sono]… kita tanya2 mengenai kereta wisata, yaitu kereta api uap tua yg berbahan bakar kayu bakar tp sdh di-restorasi menjadi kereta wisata…. kereta wisata tersebut akan menempuh perjalanan selama 2 jam pp dgn menggunakan jalur kereta api yg sdh tdk terpakai lagi untuk transportasi umum…. menurut doi, jalur tersebut akan melintasi perkebunan dan desa2 dgn pemandangan yg indah dan alami… saking indahnya, [masih menurut doi]sampe2 ada seorang photograper jepang yg mencarter kereta tsb buat dia sendiri [padahal kapasitasnya untuk 80-100 org]… doi minta brangkat jam 5 pagi, untuk mengejar sunrise di salah satu bukit… sampe di bukit tsb si jepang minta masinis tuk brentiin kereta-nya… doi turun dr kereta tuk siap2 foto sunrise… habis itu doi juga foto2 kereta api dgn latar belakang pemandangan alam yg indah…

mendengar cerita tsb, kontan gw terinspirasi mo ngikutin jejak si jepang…  maka terjadilah perbincangan sbb…

46: klo kita mo ngikutin jejaknya si jepang bisa gak pak??….

dono [sdh ditranslate ke bahasa gaul]: gak masalah koq… elo mo brangkat jam brapa aja juga bisa koq… asal elo kasi tau dulu ke gw, spy gw bisa siapin keretanya dulu… asal elo tau aje ye… gw butuh 1 jam untuk nyiapin kereta apinya… pan gw kudu masak aer dulu… hehehee…

selanjutnya dono nanya lagi: pan elo pade kudu standby di sini jam 4:30… nah rencananya ente pada mo nginep dimana…

widodo: di daerah ungaran boz….

dono: knapa gak di cottages di “tlogo agro wisata” ajah…. tempatnya ciamik dan menyatu dgn alam…..

widodo: tlogo itu ada dimana oom….

dono: di daerah tuntang, kira2 8 km dari sini… dr per3an yg ada mobil nempel di tembok, sampeyan ambil kiri dah… neh ada brosurnya…

setelah pada ngeliat brosurnya, serentak kita semua jawab: wahhh… boljug neh… kudu disurvei skrg juga…

segera kita booking tuk carter kereta wisata untuk tgl 19 agst jam 4:30 pagi…

dan setelah itu lgs angkat kaki menuju tuntang….

sekitar jam 11:30 kita uda sampe di tlogo agro wisata… ternyata apa yg ada di brosur sesuai dgn kenyataan….

lgs deh kita pada kesengsem…. hehehe…

[silakan liat brosur terlampir]

selain itu, 8 km dr sono, bagi yg katolik bisa ziarah ke goa maria…..

spontan gw lgs nanya apakah tgl 18-21 agst 2006 uda ada yg booking?….. setelah dicek, ternyata belom ada yg booking…. lgs deh kita pada lega… dgn pede-nya gw lgs blok semua cottages yg tersedia [20 kamar] tuk tgl segitu…..

tak terasa jam sdh menunjukkan jam 12:30… lgs deh kita cabut balik ke ungaran, ambil mobil gw dan aan dan lgs turun ke kota semarang, menuju jln pandanaran… di meeting point bandeng presto juwana [pusat oleh2 kota smg]…. sampe di sono ed, net, jimmy n erick lg asyik ngeborong oleh2…. kita pun gak mo kalah… dgn kalapnya ikut ngeborong oleh2…

akhirnya sekitar jam 14:15 kita cabut tuk balik ke jkt … maka dimulailah perjalanan lewat pantura….  jam 16:30 kita sampe di comal dan mampir di restoran prima tuk makan kepiting…

kelar makan, hari mulai gelap….

nyetir mobilpun mulai kalap….

tampak 4 kuda beriringan kencang menempel rapat…

mel-liuk2 dgn kecepatan tinggi [80-120kpj] di sela2 truk/bis yg merayap….

bagaikan naga buas yg jenggotnya terbakar oleh semburan apinya sendiri… hahahahap…

dgn joki2 ed, wid, gw n erick 4 kuda berlainan jenis bertahan di kondisi ini selama 4 jam nonstop…. memang resikonya tinggi gak sebanding dgn benefitnya… tp kepuasan batin sgt tak ternilai harganya…. hahaahah……

jam 23:45 kita uda sampe di rest area km 22 tol cikampek… ed, net n erick pindah ke mobil gw… selanjutnya rombongan bubar jalan menuju rumahnya masing2…. gw nganterin kimin, erick dan ednet terlebih dahulu…. gw baru sampe di rmh gw sekitar jam 1:30…. uda ditungguin sama  istri tercinta…… –SEKIAN–

WeR1

x’46

115 Total Views 1 Views Today
Bookmark the permalink.

Comments are closed.