Antisipasi kaca mobil baret dengan mengganti nossel wiper model nempel di wiper blade

Gbr 1 yuk ganti wiper blade ori dengan yang ada nozzle airnya

Kaca Depan mobil Mitsubishi brother pada baret2,.. tau ndak itu penyebabnya karena apa…ni diaaa infonya
1. Karet wiper sudah keras, walaupun masih bagus kalau kondisinya sdh mengeras ya malah bikin baret kaca.
2. Ditambah semprotan air wiper tidak lancar (lihat gambar 2), dimana air wipernya tidak menyemprot sempurna dilubang nozzle yang ada, akibatnya debu yg ada dikaca langsung disapu karet wiper kalau terus2an bisa baret tuh kaca.

Gbr.2 nozzle air wiper tidak lancar bisa bikin baret kaca

Trus solusinya gimana,..ya ganti karet wiper dong dan lubang semprotan air wiper dibersihkan kali aja ada lumut yang menutupi lubang semprotan airnya,…supaya waktu airnya ngalir akan menyemprot sempurna ke arah kaca.

Gbr 3 kaca baret sedang di gosok

Tapi kalau kacanya terlanjur baret ya harus di repair bisa dengan di gosok pakai alat khusus penggosok kaca biasanya tukang salon mobil punya alatnya tuuh… kalau baretnya udah parah solusi terakhir kaca harus ganti.

Untuk mencegah kaca baret sebenarnya ada TIPS mudah, yaitu mengganti wiper bawaan mobil dengan wiper after market yang sudah dilengkapi semprotan air dibatang wipernya, jadi sebelum wiper bergerak maka air akan secara otomatis menyemprot ke arah kaca secara langsung dan debu yang menempel di kaca akan dibersihkan oleh air yang menyemprot dari batang wiper dan air akan selalu mengikuti arah pergerakan wiper…. Yuk siapin alat dan bahan yg diperlukan.
1. Gunting
2. Tang Jepit
3. Selang karet yang ukurannya sama spt selang wiper air mobil, kurleb 3 meter
4. Sambungan T dari plastik, bisa beli di toko aquarium biasa untuk selang udara.
5. Cable ties warna hitam ukuran kecil 10 buah, atau kabel biasa warna hitam oke juga
6. Wiper Blade yg sdh dilengkapi nossel air saya beli punya PEUGEOT merk VALEO C56

Langkah-langkah penggantian wiper blade.
1. Lepaskan Wiper blade ori dengan mengungkit dan mendorong ke arah dalam
2. Setelah lepas maka simpan ditempat aman, gunakan kotak bekas wiper blade valeo C56, barangkali mau dipakai lagi sewaktu-waktu mobil mau dijual.

Gbr 4 nozzle posisi atas

3. Pasang wiper blade Valeo C56 pada batang wiper di kendaraan Kuda sobat bagusnya pasang wiper yang kanan dulu karena dia posisinya paling jauh, pasanglah dengan posisi nozzle air dibagian atas (lihat gambar 4), awas jangan terbalik posisinya kalau dia diposisi bawah nanti sama aja gak ada fungsinya karena debu tidak langsung kena air tapi malah disapu oleh karet wiper, malah kaca baret lagi.
4. Setelah wiper Valeo C56 terpasang pada batang wiper maka hubungkan selang karet yang telah disiapkan di ujung nozzle air wiper.
5. Atur sedemikian rupa supaya selang rapi dan posisikan dibagian bawah batang wiper.
6. Ikat selang karet tsb dengan cable ties warna hitam dibeberapa titik seperti di wiper blade juga batang wiper (lihat gambar 5).
7. Urutkan selang searah dengan batang wiper kemudian selipkan sejajar dengan karet balon kap mesin dan ikat dengan cable ties.

Gbr 5 gunakan cable ties agar selang karet rapi dibeberapa titik

8. Atur selang karet sampai ke arah kiri dari kap mesin kemudian selipkan dibawah karet balon kap mesin bawah (lihat gambar 7).
9.Potong selang karet bila ujungnya sudah mencapai ruang mesin dimana posisi ujung karet ini ada di dekat tangki penampungan air wiper sebelah kiri mesin.
10. Pasang wiper Valeo C56 yang satu lagi (sebelah kiri) dan juga selang karetnya, atur selang karet tsb seperti penjelasan poin 5-6-7 an 8.
11. Ambil sambungan T plastik dan hubungkan ke tiga ujungnya (A) kearah wiper nozzle kiri, (B) kearah wiper nozzle kanan dan (C) kearah tangki penampungan air wiper (motor wiper), coba lihat gambar 6 supaya lebih jelas.

Gbr 6 pemasangan sambungan T plastik

12. Pasang ujung satu lagi dari selang karet (C) ke motor wiper, selang yang lama selipkan saja deket master vac rem dan ikat dengan cable ties spy tidak berantakan.
13. Coba periksa sekali lagi apakah cable ties sdh terpasang sempurna dan tidak ada selang karet yang menjuntai atau berantakan.
14. Sekarang waktunya uji coba, isi tangki air wiper dengan air bersih.
15. Coba angkat switch wiper ke arah depan dan lihat apakah air dapat keluar dari nozzle wipernya, ada 5 titik nozzle air yang tersedia pada tiap wiper blade (lihat gambar 7) sehingga total ada 10 titik nozzle air, ini cukup untuk menyingkirkan debu yang menempel dikaca sebelum karet wiper bergerak diatasnya.

Gbr 7 ada 5 titik air yang menyemprot keluar dari nozzle

Demikian TIPS sederhana dari saya, semoga bermanfaat buat kita semua,…amiiiin

Tampilan wiper blade baru di Mitsubishi Kuda saya si Goldy

Sumber http://achenk177.blogspot.com

948 Total Views 5 Views Today
Bookmark the permalink.

Comments are closed.