KONVOI: 10 POINT PENTING

Konvoi memang tidak bisa sembarangan. Tapi akan jauh lebih mudah, setelah memahami 10 point penting berikut ini :

1. Manajemen Perjalanan. Manajemen perjalanan mutlak ada untuk memperlancar konvoi. Konvoi yang baik akan dibagi menjadi leader, middle dan sweeper. Lihat juga jumlah peserta. Idealnya konvoi bisa lancar, jika jumlah peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Untuk didaerah padat, usahakan agar tiap kelompok tak lebih dari 5 Kuda. Untuk di jalan antarkota atau propinsi, batas toleransi sampai 10.

2. Organisasi yang baik. Konvoi yang baik pasti well-organized, baik secara kelompok maupun individu. Persiapkan juga perubahan rencana, karena tak jarang situasi tertentu bisa mendadak mengubah rencana inti. Konvoi yang terorganisir juga akan mudah dibedakan dari iring-iringan kampanye, demonstrasi dan sebagainya.

3. Service Car. Sebisa mungkin disediakan satu Kuda khusus memuat mekanik, yang juga membawa spare part dan recovery gear untuk kondisi yang benar-benar darurat. Namanya kendaraan, pasti punya kemungkinan berkendala. Namanya juga buatan manusia. Tak terkecuali Kuda terbaru sekalipun.

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas. Terdengar basi, tapi justru saat konvoi aturan dasar ini menjadi mutlak. Tentu selain memperlancar konvoi, juga agar tidak membahayakan pengguna jalan. Dampak bagusnya memberikan kesan positif terhadap KUDA-KLUB. Sebagai tanda, nyalakan lampu utama – tapi jangan menyalakan lampu hazard, karena bisa bermakna ganda dan malah membingungkan. Jika memang ada, silahkan bunyikan sirene saat diperlukan – seperti hendak melintasi keramaian pejalan kaki, pasar dan sebagainya.

5. Alat Komunikasi. Memang maksimal jika piranti ini ada di semua Kuda peserta konvoi. Selain untuk menginformasikan perkembangan situasi, radio komunikasi juga penting untuk sarana berinteraksi antarpeserta. Sehingga perjalanan lebih bisa dinikmati bersama. Jika ada Kuda yang tak dilengkapi radio, sebaiknya diletakkan di tengah konvoi. Jangan di depan, atau belakang. Maksudnya supaya selalu bisa mengikuti arus konvoi dan tidak terlepas.

6. Rute yang Dituju. Rute yang dilewati harus jelas, karena berkaitan dengan perencanaan perjalanan dan logistik. Jangan lupa membuat titik target, lokasi peristirahatan atau pemberhentian. Jangan memprediksi kedatangan di suatu daerah, karena bisa runyam. Nah, untuk menentukan rute ini serahkan saja pada tim survei.

7. Perhatikan Kecepatan dan Jarak Peserta. Sebaiknya kecepatan rata-rata disesuaikan dengan masing-masing peserta dan situasi lingkungan. Jangan terlalu kencang atau lambat. Paling penting adalah menjaga jarak, dengan memperhatikan peserta di belakang. Kesalahpahaman yang terjadi, biasanya peserta konvoi sibuk membuntuti Kuda di depannya. Akibatnya kecepatan konvoi berubah-ubah selalu, lalu terputus. Patokannya mudah saja, silahkan lirik sesekali Kuda di belakang anda. Jika menghilang dari pandangan, berarti anda harus berhenti sambil memberitahu rombongan di depan.

8. Batas Toleransi Mengemudi. “Batas toleransi konsentrasi seorang driver berkisar di angka 4 jam” begitu menurut sumber yang dapat dipercaya. Untuk konvoi jarak jauh, dianjurkan berhenti setiap 4 jam dan ada co-driver di setiap Kuda. Jadi meski si Joki masih serasa sanggup, sebaiknya diganti saja pasca 4 jam.

9. Hormati Adat dan Kebiasaan Masyarakat Setempat. Seperti pepatah “Di mana bumi berpijak, di situ langit dijunjung.” Persinggungan secara langsung dengan masyarakat setempat yang dilewati adalah hal yang tidak bisa dihindari. Makanya santunkan diri dan hormati adat. Jangan langsung main sradak-sruduk saja. Selain demi mempertahankan citra KUDA-KLUB, juga sekalian memperbanyak teman. Siapa tahu kita memerlukan bantuan, mereka tak bakal sungkan karena sebelumnya kita juga menghargai adatnya.

10. Jangan Menyampah. Ini terdengar lebih klise dan basi dibandingkan soal aturan lalu lintas atau adat istiadat tadi. Tapi sudah menjadi norma KUDA-KLUB, buang sampah sembarangan adalah tabu. Apalagi sebenarnya KUDA-KLUB juga mencintai alam, jadi semakin tak ada alasan untuk buang sampah sembarangan, kan? Ini bukan hanya berlaku saat Ngerumput, tapi juga dalam konvoi dan kehidupan sehari-hari.

Demikian 10 point penting dalam kita berkonvoi, semoga berguna and have a nice driving……

Gung 40

NB. Sumber informasi di atas diambil dan diedit dari Majalah Jip edisi Oktober.

257 Total Views 2 Views Today
Bookmark the permalink.

Comments are closed.