Ganti Manifold Kuda dengan L300

Intake manifold adalah suatu alat dalam kendaraan yang berguna untuk menyalurkan campuran antara udara dan BBM sebelum  dimasukkan ke dalam ruang bakar untuk dilakukan pembakaran.

307-06-0500

gb. 1 Manifold

Pabrikan atau ATPM membuat intake manifold memiliki kontur seperti kulit jeruk dengan tujuan agar aliran udara yang masuk  atau udara dan BBM yang telah dikarburasi diharapkan tidak hanya aliran biasa tetapi menjadi aliran turbulensi (sejenis aliran seperti angin tornado). Sehingga apabila aliran tersebut menjadi turbulensi, maka output tenaga yang dihasilkan akan menjadi lebih besar daripada aliran udara yang tidak terjadi turbulensi. Tetapi saat ini sudah tidak sedikit pabrikan yang sengaja membuat kendaraan dengan desain intake manifold melengkung, sehingga udara sebelum masuk ke dalam combustion chamber dapat menjadi turbulen.

Mobil yang sudah mengaplikasikan jenis intake manifold ini diantaranya Honda All New Jazz dengan Torque Boost Resonator dan Mitsubishi yang diaplikasikan pada kendaraan niaganya L300 dengan nama cyclone.

Dengan membuat campuran udara dan BBM menjadi turbulen, maka saat campuran ini masuk ke dalam ruang bakar hasil pembakaranpun diharapkan akan menjadi sempurna terutama molekul Hidrokarbonnya.

Boz Adhi Anger H, tepatnya KK- 793 , melakukan ekperimen KUDA Diesel nya di swap manifold-nya dengan manifold milik L300.

Manifold KK 2

gb.2 Manifold Original Kuda

Manifold KK

gb 3 Manifold L300 terpasang di KUDA

Review hasilnya, Tarikan KUDA semakin enteng, RPM naik lebih mudah dan tidak ngleler.

Efisiensi BBM masih tingkat normal alias tidak ada perubahan setelah di ganti dan sebelum di ganti.

untuk uji tanjakan dan top speed masih belum di lakukan .. (bersambung)

 

699 Total Views 3 Views Today
Bookmark the permalink.

Comments are closed.